Malang Adventure Trail (MAT6) – Lebaran Trail

Malang Adventure Trail (MAT6) – Lebaran Trail

/ By : / Category : NSO Project

Eksistensi NSO World selaku penyelenggara Malang Adventure Trail memang tidak perlu diragukan lagi. Buktinya menggelar MAT pertama kali tahun 2010 konsisten hingga sekarang. Tahun 2016 ini MAT sudah yang ke 6. Dan Kota Wisata Batu menjadi pusat gelaran ini 17-18 Desember.

Gelaran trail adventure boleh saja digelar dimana-mana. Durasinya pun bisa dipastikan setiap minggu ada. Tapi MAT telah menjadi sebuah gelaran wajib para pecinta trail. Seperti MAT6 ini contohnya, yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu riders yang datang dari berbagai pelosok tanah air.

MAT6 tahun ini mengusung tema ‘Farewell Edition’. Dimana acara ini didedikasikan untuk Edi Rumpoko selaku walikota Batu yang tahun ini akan mengakhiri masa jabatannya.  Dan itu artinya juga acara ini adalah bentuk terima kasih MAT6 kepada Kota Batu yang selalu mensupport MAT selama ini.

“MAT dan Kota Wisata Batu memiliki hubungan khusus. Dari awal digelar, MAT selalu ada di kota Batu. Termasuk MAT6 ini gelaran total berada di Batu. Dari lokasi start di Balai Kota Among Tani yang baru, hingga jalur yang dilalui seluruhnya masuk wilayah Batu,” bilang Edi Kampang dari NSO World sang penyelenggara.

Memang yang spesial di MAT6 adalah mengeksplorasi potensi alam Kota Batu. Bagi peserta tentu jalur dengan kombinasi alam pegunungan ini adalah sebuah komposisi yang tepat. Menyalurkan hobi sekaligus menikmati keindahan kota yang disebut sebagai De Kleine Switzerland. Yang artinya adalah Swis kecil di Indonesia.

“Kami selalu mensupport segala macam acara yang digelar di kota Batu. Salah satunya seperti MAT6 ini. Selamat menikmati rute yang telah dipersiapkan oleh panitia. Sialakan melihat dari dengan kultur masyarakat Batu serta keindahan alamnya. Inilah salah satu cara menikmati Swis kami,” terang H. Edi Rumpoko saat menerima kedatangan awak media di kantornya Balaikota Among Tani, Batu.

MAT6 dikalangan pecinta trail dan adventure adalah sebuah event yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Karena, memiliki konsep yang khas. Yang menyatukan gelaran trail adventure dengan suguhan entertainment yang mewah. “Kita sudah agendakan untuk ikut di MAT6 sejak bulan Mei sudah mendaftar. Karena MAT6 tidak hanya berbicara soal trail saja. Tapi MAT6 adalah sebuah event yang bisa dibuat untuk reuni dengan teman-teman dari kota lain. Ini adalah lebarannya anak trail,” bilang Ferry C Burhan peserta asal Palembang.

 

2 Days Adventure

 

MAT6 berkonsep 2 days adventure. Karena peserta akan melakoni kegiatannya selama 2 hari. Rute yang dilalui jelas didomasi karakteristik pegunungan. Menurut Daniel Tangka salah satu mantan crosser asal Malang, level rutenya lebih cenderung fun. “Banyak single track, jalurnya tidak terlalu susah. Tapi, jika hujan turun, level track akan mendadak menjadi  ekstrim. Karena, kontur tanahnya memang akan licin jika diguyur hujan. Ini akan menguras energi dan fisik riders,” bilang Daniel, yang sangat hafal dengan rute yang disuguhkan di MAT6.

Total rute yang akan dilalui oleh para adventurer sejauh 130 km di hari pertama, dan di hari kedua lebih pendek yakni 110 km. Jika dianalogikan, rute yang ditempuh oleh peserta selama 2 hari ini menyerupai angka 8. Toal berputar mengelilingi wilayah Kota Batu.

“Jalurnya memang menyenangkan. Benar-benar bisa mengeksplorasi kemampuan motor. Bisa gas pol, bisa juga dibuat santai untuk sekedar menikmati keindahan alamnya,” bilang Hendri dari tim Ray Roy asal Prabumulih Palembang.

 

Sherco & XClub Menjadi Sponsor Utama

MAT6 bisa dibilang adalah trend setter gelaran trail adventure. Edi Kampang sukses membuat skenario bagi semua yang terlibat dalam event yang dibuatnya. Untuk riders, jelas suguhan rute menjadi bagian terpenting bagi para peserta. Sedangkan bagi sponsorship, beberapa kegiatan sengaja dibuat untuk memanjakan klien yang mensupport gelaran spektakuler ini.

Edi Kampang memusatkan seluruh kegiatan di kawasan Panderman Hill Kota Batu. “Kita buat bazar dengan menampilkan stand produk sponsor. Di sini, para sponsor bisa merancang program masing-masing. Dari promo penjualan, atau kegiatan lain. Sehingga para sponsor kita bisa terekspos,” bilang Edi. Tentu saja, skenario semacam ini cukup menyedot perhatian masyarakat secara luas. Tidak hanya para pecinta trail saja yang hadir di kawasan ini. Tapi masyarakat juga bisa menikmati acara ini dari perspektif mereka.

Selain tenant produk, di kawasan ini sudah ada lokasi khusus kuliner. Parade food truck berjajar rapi semakin melengkapi acara ini. “Saat finish, kita tidak kesusahan untuk sekedar ngemil dan makan. Karena, semua yang kita butuhkan terutama makan sudah disiapkan dengan rapi oleh panitia. Hal kecil semacam ini hanya bisa ditemui di gelaran MAT6 ini,” terang Danang peserta asal Lamongan.

Tahun ini MAT6 disupport oleh Sherco sebuah brand motor trail asal Prancis. “Kita siapkan 2 unit Sherco Six Dayy 250-SE  yang diundi untuk peserta di akhir acara. Kita memang sudah lama ingin menjadi bagian dari event trail spektakuler di Indonesia. Karena, kita ingin brand Sherco bisa  dikenal  luas lagi di kalangan pecinta trail di Indonesia,” terang Bernad Yong dari Sherco XClub.

Tidak itu saja, XClub yang notabene dikenal sebagai store riding gear trail juga menjadi sponsor utama MAT6. XClub yang spesialis penjual produk branded ini tidak kalah semangat dalam mensupport MAT6. “Kita ingin memberikan wawasan tentang bagaimana produk original. Segmentasi dan pasar kami sangat cocok dengan event bergengsi seperti MAT6 ini,” tambah Bernad.

Untuk program khusus selama gelaran MAT6 XClub banyak memberikan diskon pembelian produk. Macam-macam, dari diskon produk sebesar 30 persen. Bahkan ada beberapa item yang bersistem buy one get one free. “Pokoknya penawaran menarik hanya khusus di MAT6 saja,” terang Yogi Kurniawan Store Manager XClub Surabaya.

 

Karcher Incar Pecinta Trail

Sebuah produk cleaning technology company bidik para pecinta trail untuk lebih mengenal produknya. Spesialis produk water preasure ini sebetulnya memiliki program yang dijalankan secara menyeluruh di berbagai negara di dunia.

“Kita memang memiliki program world wide. Dimana, produk kami sudah bekerjasama dengan event berkelas dunia yakni Relly Dakkar. Sehingga, di Indonesia sendiri program ini inline dengan MAT6,” bilang Fifit Fitria Senior Manager Bussines Development Karcher Indonesia. Sedangkan program yang dijalan selama gelaran MAT6 Karcher memberikan kegiatan yang sangat menarik.

“Untuk hari pertama kita berikan cuci gratis motor khusus untuk 50 peserta yang finish. Sedangkan di hari kedua, kita buka pencucian berbayar yakni 50 ribu free tshirt, dengan target 500 motor. Kegiatan ini, memiliki tujuan untuk agar para pecinta trail bisa mengenal bagaimana kehebatan produk kami,” imbuh Fifit.

 

Up Hill Gegerkan MAT6

Setiap gelaran MAT, selalu ada yang unik dan menarik yang terkadang tidak diduga oleh para peserta. Dan MAT6 kali ini bekerjasama dengan PT. GazGas memberikan sebuah tantangan untuk para peserta. Di luar negeri gelaran ini bernama up hill. Yakni, tantangan menaklukkan tanjakan yang ekstrim. Di MAT6 up hill dijuluki Hill Climbing.

“Acara ini dibatasi untuk 200 pendaftar saja. Tantangannya adalah menaklukkan sebuah bukit di kawasan Goa Jepang. Khusus di MAT6 ini kita beri julukan untuk untuk tanjakan tersebut. Yakni ‘Tanjakan Tipis-Tipis’ yang akan membuat peserta penasaran ingin menaklukkannya,” bilang Edi Kampang.

Bagi yang berhasil mekalukkan, skenario awal akan mendapatkan 1 unit motor GazGas tipe Hummer 150. “Ternyata, kenyataannya hampir sebagian peserta berhasil menaklukkan tantangan ini. Mereka semuanya memiliki skill mumpuni, sehingga kita mengubah aturan mainnya. Jadi, peserta yang lolos menaklukkan rintangan akan diundi mendapatkan motor ini,” bilang Adi Setiawan selaku GM PT. GazGas Indonesia.

 

Galery Foto

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *