MAT5 – Indonesian Offroader Gathering

MAT5 – Indonesian Offroader Gathering

/ By : / Category : NSO Project

 

Malang Adventure Trail (MAT) adalah sebuah gelaran trail adventure yang rutin digagas oleh Siluet Adventure sejak tahun 2010 silam. Tahun 2015 MAT5 ini mengusung tema ‘Indonesian Offroader Gathering’. Karena, event ini akan dihadiri oleh para komunitas pecinta trail adventure dari berbagai daerah di tanah air. Bahkan, dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura turut menyemarakkan MAT5 yang berlokasi di Kota Wisata Batu (21-22 November).

Karena bertema gathering dan reuni komunitas, menurut Edi ‘Kampang’ Nurwanto dari Siluet Adventure telah mempersiapkan sebuah gelaran yang spektakuler.  “Selain suguhan rute yang menarik dan bervariatif, acara ini juga menyuguhkan hiburan entertaint yang bombastis. Seperti ciri khas gelaran MAT sebelum-sebelumnya,” bilang Edi.

Kota Wisata Batu tetap didaulat menjadi destinasi pemberangkatan para offroader yang tercatat berjumlah 2420 peserta. “Selamat datang para peserta MAT5. Semoga gelaran ini bisa dinikmati dan berjalan lancer. Saya mewakili masyarakat Kota Wisata Batu memberi apresiasi yang tinggi bagi para peserta yang hadir di sini,” bilang Edi Rumpoko Wali Kota Batu pada acara ramah tamah dengan para peserta.

Pada gelaran MAT5 ini peserta melakukan start pada hari Sabtu (21 November) di halaman Hotel Kartika WIjaya Kota Batu. Rute hari pertama akan didominasi oleh jalur yang sifatnya fun dengan single track yang panjang. Skenario jalur yang tidak terlalu ekstrim ini bertujuan agar peserta benar-benar bisa menikmati dan merasakan sensasi berkendara trail dengan high speed. Rute di hari pertama memiliki jarak yang sangat panjang sekitar 150 km dengan nuansa perbukitan dan pegunungan benar-benar memanjakan peserta

“Trek yang akan melewati beberapa daerah seperti pegunungan Kelud ini menuntut stamina yang prima. Namun rute ini akan menjadi favorit peserta karena sifatnya sangat fun,” bilang Gery salah satu panitia yang bertanggung jawab urusan rute dan jalur. Rute di hari pertama ini akan berakhir di bendungan Selorejo Kabupaten Malang. “Di sini peserta akan beristirahat dan menginap,” bilang Gerry.

Untuk memberikan hiburan bagi para peserta, kawasan wisata bendungan Selorejo ini telah sukses disulap dengan berbagai komponen hiburan. Dari bazar otomotif dari merchant sponsor pendukung acara, hingga hiburan dengan tata panggung yang sangat megah. “Acara full entertainment ini bertema ‘Selorejo Raventure Rock & Classic Disco’ kita khususkan untuk menghibur para peserta. Tidak ada ticketing untuk penonton umum. Karena ini sifatnya privat party,” bilang Edi.

Keesokan harinya, di hari kedua peserta kembali akan melakukan start dari bendungan Selorejo dengan finish di bukit Panderman Hill kota Batu. Untuk rute hari kedua ini tidak terlalu panjang. Hanya total sekitar 80 km. “Kalau saya lebih suka di hari kedua. Banyak tantangannya. Beberapa bahkan terbilang ekstrim bagi saya. Namun justru ini lebih menantang. Bahkan ada beberapa trek kesukaan saya, kombinasi tanah dan pasir sehingga membuat roda belakang bisa sliding,” bilang Irwan adventurer asal Jawa Tengah.

Mirip seperti hari pertama. Akan ada closing party besar-besaran di lokasi finish. Bahkan lebih besar lagi dibanding hari pertama. “Closing party ini bertema ‘Batu Raventure 2’. Acara ini menjadi klimaks dan pamungkas gelaran,” papar Edi.

Thanks for all participant. Salam  ‘Never Say Old’.  (nso)

 

Sejarah MAT

Malang Adventure Trail (MAT) adalah sebuah event yang digelar konsisten setiap tahun. MAT pertama digelar tahun 2010. MAT disebut-sebut menjadi trendsetter sebuah gelaran trail adventure yang menggabungkan event trail adventure yang dibalut dengan acara entertainment. “MAT sebuah gelaran yang tidak hanya dinikmati oleh para pelakunya saja. Selain menjadi wadah para penghobi trail adventure, MAT berupaya menyenangkan khalayak umum maupun terlebih sponsor pendukung. Keberadaan suguhan entertainment yang tersaji serius ini adalah bukti bahwa MAT membawa dampak yang positif bagi seluruh elemen. Peserta dan pecinta trail adventure, masyarakat terlebih sponsor pendukung acara,” terang Edi.

 

Dari semangat itulah MAT bisa eksis hingga sekarang. Digelar rutin hampir setiap tahun dan selalu ditunggu oleh para pecinta trail adventure di tanah air.  Di kalangan komunitas dan pecinta trail adventure, MAT disebut-sebut sebagai lebarannya anak trail. Sehingga tidak heran jika peserta sangat antusias untuk bisa hadir di gelaran MAT5.

 

Batu Lautan Trail

Pertama kali MAT digelar tahun 2010 silam ya di Kota Wisata Batu. Bahkan hingga tahun 2015 ini Kota Wisata Batu masih menjadi tuan rumah gelaran spektakuler MAT5. Hal ini tidak terlepas dari peran serta Edi Rumpoko selaku Walikota Batu. Beliau sangat sadar akan potensi dan letak geografis Kota Batu yang memiliki korelasi sangat kuat dengan aktivitas trail adventure.

“Kota Wisata Batu sangat potensial untuk gelaran sekaliber MAT. Kita memiliki semuanya. Wilayah yang cocok untuk kegiatan trail adventure, infrastruktur yang memadai karena kita memiliki banyak penginapan seperti hotel, villa cukup untuk mengakomodir para peserta yang hadir ke Kota Batu. Suasana yang sejuk sangat cocok untuk menyalurkan hobi dan berwisata. Dan yang pasti, lokasi wisata yang beragam dari wisata alam, wisata keluarga, wisata pendidikan semua ada di Batu,” bilang Edi Rumpoko.

Walikota yang juga hobi dengan kegiatan otomotif termasuk trail adventure ini juga mempunyai misi untuk menjadikan Kota Batu menjadi Kota Wisata  dan Trail Adventure. “Saya mewakili masyarakat Kota Batu menyampaikan, selamat datang di Kota Batu. Selamat menikmati, mari kita junjung persatuan dan persaudaraan. Semoga MAT5 ini bisa menebarkan energi positif bagi semuanya,” bilang Edi Rumpoko.

 

Grandprize 3 Unit Husqvarna

Tidak lengkap jika MAT5 tidak melakukan ritual yang satu ini. Seperti gelaran MAT sebelumnya, selalu ada grandprize yang juga ditunggu-tunggu. Khusus untuk peserta akan berhak mengikuti undian dengan memperebutkan  grandprize 3 unit Husqvarna yakni tipe TE250, FE250 dan FE350.  Event MAT5 ini disupport oleh seponsor utama Husqvarna.

“MAT5 bukan kejuaraan yang akan memperebutkan gelar. Event ini merupakan aktivitas hobi. Itu artinya 3 unit motor Husqvarna ini murni akan diundi khusus bagi peserta saja. Kita lihat siapa yang beruntung dan membawa pulang 3 unit motor trail Husqvarna ini,” terang Edi Kampang.

Salah satu dari tiga orang yang beruntung diantaranya adalah Imron Rosyadi asal Gondanglegi Malang. Dia berhak membawa pulang Husqvarna FE250. “Seperti biasa, saya hanya penasaran untuk menjadi bagian dari gelaran ini. Ternyata di akhir acara, nomor saya yang dipanggil untuk mendapatkan salah satu motor Husqvarna. Gak nyangka deh. Ini sangat surprise buat saya,” bilang Imron.

 

Coaching Clinic Graham Jarvis

Pecinta trail adventure dan trail enduro pasti kenal dengan sosok yang satu ini. Graham Jarvis sang juara dunia enduro kembali hadir ke Indonesia. Kali ini Jarvis akan menyapa penggemarnya di gelaran MAT5. Dia berbagi pengalamannya di dunia trail enduro pada hari Jumat tanggal 20 November. Coaching clinic bersama Graham Jarvis ini akan digelar di kawasan Wisata Coban Talun.

“Coaching clinic ini memang acara privat sebetulnya. Karena kuotanya dibatasi hanya 20 orang pendaftar saja. Selain itu, Jarvis memiliki agenda membaur dengan ribuan peserta menempuh rute yang sama seperti para peserta MAT5. “Luar biasa. Indonesia memiliki struktur geografis yang lengkap. Semua jenis dan karakter jalur ada di sini. Saya sangat menikmati berkendara di sini. Hal ini tidak akan bisa saya rasakan dan lakukan di negeri asal saya,” bilang Jarvis.

 

Sexy River

Ada yang spesial pada gelaran kali ini. Apa jadinya ketika tiba-tiba peserta yang tengah berkonsentrasi melahap semua rute dengan berbagai karakter seperti perbukitan, lembah, hutan dan sungai dikagetkan dengan penampakan gadis-gadis yang sedang mandi di sungai.

“Gadis-gadis ini memang sengaja kami setting untuk berpose di salah satu sungai untuk memberikan hiburan dan sensasi bagi para riders. Tujuannya semata-mata agar peserta sedikit rileks dan fresh dengan penampakan gadis-gadis cantik yang mandi di sungai,” tutur Edi.

Yang jelas usaha yang dilakukan panitia untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda ini sukses menghibur. “Saya kaget dan terkesima, tiba-tiba ada cewek yang mandi di sungai hanya berbusana kain kemben. Hampir saja kehilangan fokus. Tapi, sangat lucu deh apa yang dilakukan panitia,” bilang salah satu dari komunitas trail Klaten Sydicat ini.

 

Video

 

Galery Foto MAT5

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *